Xiaomi adalah perusahaan mobile internet yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Cina.
Tulisan "MI" pada logo merupakan singkatan dari Mobile Internet. Singkatan ini juga memiliki arti lain, salah satunya adalah "Mission Impossible" karena setelah mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada saat itu.
Jawaban yang paling tepat adalah karena model bisnis cerdas yang mereka lakukan. Bayangkan saja, mereka mampu menjual produk berspesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah dibanding smartphone lainnya.
Mengapa harga xiaomi bisa murah ?
- Minim iklan
Alasan pertama, kenapa smartphone Xiaomi harganya bisa murah adalah karena Xiaomi Jarang melakukan promosi iklan. Coba kamu ingat, kapan kamu melihat iklan Xiaomi di berbagai media yang ada? Baik itu cetak atau elektronik,saya yakin kamu tidak pernah melihat iklan Xiaomi.
- Menjual cepat dan terbatas
Penjualan dengan harga murah ini megharuskan Xiaomi membuat kebijakan dalam proses produksinya, yakni menjual produk secara cepat dan terbatas. Sebenarnya, banyak orang khusunya fans Xiaomi mengeluh dan mengkritik keras kebijakan ini. Tapi faktanya disitulah letak strategi bisnis yang Xiaomi lakukan agar dapat menjual produk dengan murah namun tetap balik modal atau bahkan untung.
Kebijakan ini membuat Xiaomi tidak mampu memenuhi seluruh permintaan konsumennya. Ini karena Xiaomi hanya menjual setiap seri smartphone secara terbatas dan penjualannya pun dilakukan dengan sangat cepat. Dengan cara ini pula, Xiaomi tidak perlu mengeluarkan dana untuk penyimpanan dan pemeliharaan produk.
- Kerjasama Strategis
Kenapa smartphone Xiaomi yang dibekali chipset Snapdragon yang sama dengan smartphone lain harganya bisa lebih murah? Karena ternyata, ada kerjasama strategis antara xiaomi dan qualcom. Kerjasama ini memungkinkan Xiaomi mendapatkan harga prosesor yang jauh lebih murah.
- Pandai Membaca Pasar
Untuk mencapai tujuan penjualan produknya, Xiaomi mampu membaca pasar dengan baik. Alih-alih memperluas jangkauan produknya di negara yang tidak memiliki minat kepada smartphonenya, Xiaomi justru terus menggempur dan memanjakan negara yang meminatinya, seeprti Indonesia.
- Pemasaran online
Mengenai harga yang kompetitif dari Xiaomi itu, bahwa kuncinya adalah penjualan yang dilakukan murni secara online.
"Kalau menjual lewat toko retail, banyak biaya lain-lain yang menambah mahal harga produk. Sementara kalau secara online hanya perlu memikirkan ongkos pengiriman saja," katanya saat ditemui usai acara.
Pemasaran lewat jalur online inilah, yang menjadi salah satu penyebab utama mengapa Xiaomi bisa menawarkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan tawaran yang sekelas dari kompetitor.